Biaya Badal Haji 2024 Resmi – Alsha Tours

BADAL HAJI 2024
BERSAMA ALSHA TOURS

Badal haji adalah bentuk hadiah bagi orang yang sudah meninggal karena pahala haji yang dilakukan akan diberikan untuk orang yang sudah wafat tersebut. Alsha Tours memberikan layanan paket haji seperti haji plus dan juga badal haji. Adapun biaya badal haji sebagai berikut:

badal haji 14 juta

Fasilitas Badal Haji

Penjelasan Badal Haji

Apa itu badal haji? Badal haji disebut dengan istilah al-hajju ‘anil ghair, yaitu berhaji untuk orang lain. Dasar hukum melakukan badal haji atau berhaji untuk orang lain adalah hadist dari Ibnu Abbas ra yang menerangkan bahwa ada seorang wanita dari Juhainnah datang kepada Nabi Muhammad dan bertanya:

Sesungguhnya ibuku nadzar untuk hajji, namun belum terlaksana sampai ia meninggal, apakah saya harus melakukan haji untuknya?” Rasulullah menjawab, “Ya, bagaimana pendapatmu kalau ibumu mempunyai hutang, apakah kamu membayarnya? Bayarlah hutang Allah, karena hutang Allah lebih berhak untuk dibayar.” (HR Bukhari).

Hadits sahih tersebut menerangkan bahwa seseorang boleh melakukan ibadah haji meskipun bukan untuk dirinya. Hadist lain juga menyebutkan hukum diperbolehkannya melakukan haji untuk orang lain bahkan orang tersebut masih hidup namun tidak memungkinkan untuk melakukan ibadah haji karena sebuah udzur atau halangan.

Syarat dan Ketentuan Badal Haji

Ada seorang laki-laki yang menceritakan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Sungguh ada kewajiban yang mesti hamba tunaikan pada Allah. Aku mendapati ayahku sudah berada dalam usia senja, tidak dapat melakukan haji dan tidak dapat pula melakukan perjalanan. Apakah mesti aku menghajikannya?” “Hajikanlah dan umrohkanlah dia”, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Ahmad dan An Nasai).

Dalam hadist tersebut diterangkan tentang kondisi orang tua yang akan di badalkan atau dihajikan oleh anaknya, yakni dalam kondisi telah lanjut usia dan mengalami kesulitan safar atau perjalanan dan amalan haji lainnya.

Cara Badal Haji Untuk Orang Yang Sudah Meninggal

Lalu syarat apa yang harus dimiliki oleh orang yang akan menghajikan orang lain? Al Hajju anil ghair atau badal haji mensyaratkan agar orang tersebut telah haji terlebih dahulu sebelum menghajikan orang lain.

Hadist yang diriwayatkan oleh Rasulullah berikut ini menyebutkan persyaratan tersebut.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah mendengar seseorang bertalbiyah, “Labbaikallhumma ‘an Syubrumah.” Rasulullah bertanya, “Siapakah Syubrumah?” Dia menjawab, “Saudara saya.” “Apakah kamu sendiri sudah melaksanakan ibadah haji?” Orang tersebut menjawab, “Belum.” Rasulullah bersabda, “Jadikan haji ini adalah haji untukmu terebih dahulu. Baru nanti (haji tahun depan) kamu boleh berhaji untuk Syubrumah.” (HR ).

Orang yang akan kita hajikan tidak harus saudara kandung atau orang tua sendiri, namun dapat pula orang lanjut usia atau mendapat uzur tersebut. Orang tersebut dapat menunjuk orang lain yang lebih pantas dan mampu melakukannya, walaupun bukan anak atau kerabatnya sendiri.

Namun bukan berarti orang-orang memiliki kemampuan baik fisik dan finansial dapat mewakilkan kewajiban hajinya kepada orang lain seperti yang disebut dalam hadist dibawah ini :

“Tidak boleh menggantikan haji wajib dari seseorang yang mampu melaksanakan haji dengan dirinya sendiri”.

Ibnul Mundzir berkata, “Para ulama sepakat bahwa siapa yang punya kewajiban menunaikan haji Islam dan ia mampu untuk berangkat haji, maka tidak sah jika yang lain menghajikan dirinya.” (Al Mughni, 3: 185)

Membadalkan haji seseorang bukanlah untuk menghajikan mereka yang tidak mampu secara finansial atau harta. Badal haji hanya boleh dilakukan untuk mereka yang yang mampu secara finansial namun memiliki keterbatasan kemampuan fisik seperti cacat, sudah berusia lanjut atau sakit atau meninggal dunia.

Cara Daftar Badal Haji 2024

Alsha Tours & Travel merupakan travel umroh dan haji plus resmi dan berizin sehingga anda tidak perlu ragu memakai jasa kami sebagai layanan badal haji 2024.

error: Content is protected !!